6/09/2017

Cara Mudah Mengganti Kartu ATM Yang Kadaluarsa

Kartu ATM Yang Kadaluarsa Banyak orang yang menggunakan mesin ATM (Automated Teller Machine)  saat ingin transaksi baik itu mengirim uang (transfer), menarik uang, setoran tunai, pembelian pulsa listrik, tiket pesawat dan transaksi yang lain tapi beberapa waktu yang lalu, saya justru dibuat kaget ketika ingin menarik uang dari mesin ATM. Muncul pesan “kartu ATM kadaluarsa“ yang menandakan kita harus segera mengganti kartu ATM kadaluarsa itu.

Saya yakin Anda juga mengalami hal yang sama. Ini karena Anda menemukan artikel ini.

Kartu ATM yang kadaluarsa, baik itu BRI, BNI, BCA atau Mandiri dapat diperbaharui dengan mengunjungi kantor bank terdekat.

Untuk itu, Anda yang mempunyai rekening bank dan kartu ATM harus mengetahui masa aktif kartu ATM (apakah kartu ATM masih aktif atau tidak). Masa berlaku kartu ATM yang kita punya harus diketahui sampai kapan agar tidak merepotkan diri sendiri.

Artikel ini akan membahas informasi tentang cara pergantian kartu ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri. Apa saja syarat pergantian dan bagaimana cara mengganti kartu ATM yang kadaluarsa. Plus, masa aktif atau berlaku kartu ATM tersebut dibawah ini.

Persyaratan Ganti Kartu ATM Kadaluarsa


Sebelum mengunjungi bank terdekat untuk mengganti kartu ATM yang kadaluarsa, Anda harus mempersiapkan tiga hal berikut ini.

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM yang masa aktif atau berlaku sudah habis
  3. KTP asli

5 Langkah Mudah Mengganti Kartu ATM Yang Kadaluarsa


Setelah berkas sudah siap, saatnya Anda ke kantor bank terdekat. Sebaiknya, kunjungi bank yang dulu Anda tempati membuka rekening.

  1. Kunjungi kantor bank BRI, BNI, Mandiri, BCA terdekat.
  2. Mengambil nomor antrian Costumer Service (CS).
  3. Laporkan jika kartu ATM expired.
  4. CS akan meminta buku tabungan, kartu ATM yang kadaluarsa dan KTP asli Anda dan menyuruh Anda untuk mengisi formulir pergantian kartu ATM.
  5. Selanjutnya, CS akan memberikan slip pembayaran ganti kartu ATM. Anda bisa langsung ke teller untuk membayar sebesar 15 ribu rupiah.

Prosedur pergantian kartu ATM BRI yang kadaluarsa diatas hampir sama saja dengan bank lainnya (BNI, BCA dan Mandiri), yang berbeda hanya biaya pergantian kartu ATM saja. Setiap bank punya aturan tersendiri mengenai biaya ini.

Masa Berlaku atau Aktif Kartu ATM


Anda sekarang sudah berhasil mengganti kartu ATM yang kadaluarsa dan mendapatkan kartu ATM baru. Lalu, apakah Anda mengetahui masa aktif atau masa berlaku kartu ATM tersebut.

Setiap bank punya kebijakan masing-masing dalam menentukan masa expire kartu ATM. Jika Anda punya keempat kartu ATM (BRI, BNI, BCA dan Mandiri) masa aktifnya berbeda-beda.

Simak selengkapnya dibawah ini.
Nama Bank Masa Aktif Kartu ATM
BRI 5 tahun
BNI 5 tahun
BCA 5 tahun
MANDIRI 10 tahun
Anda juga dapat dengan mudah mengetahui masa aktif kartu ATM dengan melihat angka yang tertera pada kartu tersebut. Pada kartu ATM, tertulis angka bulan dan tahun.

Pastikan juga Anda telah menyiapkan persyaratan yang diperlukan sebelum menuju ke kantor Bank terdekat. Berkas persyaratan tersebut akan diminta ketika Anda melaporkannya ke costumer service (CS) bank terkait.

Proses pergantian kartu ATM yang kadaluarsa ini butuh waktu kisaran 15-20 menit saja. Tidak perlu takut menunggu lama, saat kartu ATM sudah diganti Anda juga dapat langsung menggunakannya untuk menarik uang di mesin ATM.