5/23/2017

Persyaratan Pengambilan BPKB Motor dan Mobil 2017

Persyaratan Pengambilan BPKB

Bagi Anda yang membeli kendaraan secara kredit, baik itu motor atau mobil di leasing (perusahaan pembiayaan) pastinya akan sangat senang. Hal ini dikarenakan Anda tidak lama lagi sudah bisa mengambil surat BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) tapi harus menyiapkan persyaratannya.

Pengambilan BPKB kendaraan di Samsat, Adira, OTO Finance, Indomobil Finance, WOM Finance, BAF, FIF atau dealer lainnya mengharuskan kita untuk menyiapkan berkas.

Ada banyak orang yang justru kerepotan ketika masa kredit kendaraan hampir selesai karena tidak mengetahui apa saja syarat pengambilan BPKB yang dilengkapi. Setiap dealer atau leasing punya syarat-syarat pengambilan BPKB yang berbeda-beda.

Untuk membantu Anda, kami akan memberikan informasi mengenai persyaratan pengambilan BKPB kendaraan yang harus Anda siapkan.

Pemilik atau Pemohon Kredit


Syarat pengambilan BPKP kendaraan bagi pemilik atau pemohon kredit terbilang lebih mudah dibandingkan yang lain. Hanya ada beberapa berkas yang perlu dipersiapkan dibawah ini.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi KTP yang masih berlaku dari pemilik.
  2. Kwitansi (bukti pembayaran) terakhir.
  3. Surat Keterangan Pindah Domisili dari RT/RW atau Kelurahan setempat jika alamat yang ada di KTP berbeda dengan alamat KTP saat mengajukan permohonan kredit.
  4. Fotokopi STNK.

Selain Pemilik atau Orang Yang Diberi Kuasa


Sebagai pemilik kendaraan, jika Anda memilik kesibukan sehingga tidak dapat mengambil BKPB di delaer atau leasing maka dapat memberikan kuasa kepada orang lain, berikut persyaratan pengambilan BPKP bagi orang yang diberi kuasa.

  1. KTP asli pemilik kendaraan dan penerima kuasa yang masih berlaku.
  2. Kwitansi pembayaran angsuran terakhir.
  3. Surat Kuasa yang bermaterai 6.000 yang berisi informasi dan dibubuhi tanda tangan pemiik, orang yang diberi kuasa dan identitas kendaraan.
  4. Surat keterangan pindah domisili dari Kelurahan jika alamat KTP berbeda dengan alamat saat pengajuan awal kredit.

Pemilik Meninggal Dunia


Jika pemilik kendaraan mengalami kecelakaan, misalnya meninggal dunia maka pengambilan BKPB bisa diwakilkan oleh orang yang mempunyai hubungan atau ahli waris dari pemilik.

  1. KTP asli ahli waris atau orang yang mempunyai hubungan dengan nasabah yang masih berlaku.
  2. Kartu keluarga pemilik kendaraan atau surat nikah.
  3. Surat keterangan kematian dari RT/RW atau Kelurahan.

Perusahaan


Syarat pengambilan BKPB kendaraan perusaahn sangat berbeda dengan beberapa persyaratan diatas.

  1. KTP asli yang masih berlaku pemilik perusahaan.
  2. Fotokopi SIUP dan TDP yang masih berlaku.
  3. Kwitansi pembayaran angsuran terakhir.
  4. KTP asli pemberi kuasa yang masih berlaku.
  5. Surat Kuasa yang ditandatangani oleh pemberi surat kuasa tidak boleh berbeda dengan tanda tangan di KTP aslinya.

Bagi Anda yang ingin mempercepat pelunasan angsuran kredit kendaraan di leasing untuk mengambil BKPB harus menunggu 3-7 hari kerja dengan syarat berikut ini.

  1. KTP asli yang masih berlaku.
  2. Kwitansi pembayaran terakhir.

Dari beberapa persyaratan diatas, Anda dapat melihat bahwa pemilik kendaraan yang mengajukan permohonan kredit paling mudah syaratnya saat ingin mengambilnya sendiri.

Anda akan diminta untuk menandatangani beberapa berkas sebelum mengambil BKPB kendaraan. Tidak perlu menunggu lama jika dokumen persyaratan pengambilan BPKB lengkap, cukup menunggu 15 hingga 30 menit. Proses pengambilan ini tidak dipungut biaya atau gratis.