4/17/2017

Cara Buat Akun GMail dengan Baik dan Benar

Saat ini ada banyak layanan email gratis dengan berbagai fitur tak hanya untuk mengirim dan menerima surat elektronik saja tapi juga untuk keperluan lainnya. Salah satunya adalah untuk mendaftar akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Path, dan yang lain.

Beberapa layanan email terpopuler dan terbaik yaitu GMail, Yahoo!, Outlook dan iCloud. GMail menempati urutan pertama mengingat pangsa pasar Android di Indonesia berkisar 94%, menyusul pengguna iOS hanya sekitar 4% saja.

Makanya tak heran ada banyak orang di Indonesia yang bikin akun email Google, GMail. Selain itu, sistem keamanan yang ditawarkan juga berlapis sehingga orang sangat susah hack akun email Anda.

Sama halnya dengan layanan email yang lain, Anda terlebih dahulu harus membuat akun untuk menggunakannya.

Ada banyak alasan kenapa Anda harus bikin akun Gmail, bukan layanan lainnya antara lain:
  • Dengan satu akun Gmail dapat menggunakan berbagai layanan yang ada di Google seperti YouTube, Google Drive, Hangout, Google Play Store, Google Maps, Google Translate dan masih banyak lagi.
  • Kapasitas penyimpanan 15GB
  • Pengelompokan kotak masuk
  • Beragam tema
  • Pengguna Android harus membuat akun email ini
Untuk itu, kami akan berbagi tentang bagaimana cara bikin akun GMail dan tips mengamankan email dari aktivitas hack dengan melakukan verifikasi 2 langkah.

Cara Membuat Akun GMail


Setelah mengetahui alasan kenapa harus daftar akun Gmail, kami yakin Anda akan bikin akun sekarang. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah.

Pertama-tama, kunjungi laman Buat Akun Google Anda untuk memulai bikin akun Gmail baru disini
Setelah muncul halaman registrasi seperti pada gambar dibawah, Anda harus memasukkan data diri dengan lengkap dan benar. Pastika mengisi kolom yang disediakan dengan data yang valid.



Isi data pribadi Anda yang valid dengan lengkap lalu tekan tombol Langkah berikutnya

Satu hal yang sangat penting ketika membuat akun Gmail yaitu tidak mengosongkan kolom isian Ponsel dan Alamat email Anda saat ini. Ada banyak orang yang terkena hack karena tidak mengisi data ini.

Nama : terdiri dari Nama Depan dan Nama Belakang. Jika nama Anda adalah Putri Aulia, maka Nama Depan diisi dengan Putri dan Nama Belakang diisi dengan Aulia.

Pilih nama pengguna Anda : kata yang nantinya akan menjadi alamat email Anda, misalnya Anda isi dengan putriaulia. Isian ini tidak boleh kosong, Anda dapat menggunakan kombinasi huruf, angka, dan juga titik. Misalnya, sukimanbahri@gmail.com.

Buat sandi : masukkan sandi atau password yang diinginkan. Anda harus mengetikkan minimal 8 karakter pada kolom isian ini dan pastikan tidak menggunakan sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir.

Konfirmasi sandi Anda : ketikkan ulang sandi yang Anda tuliskan di kolom isian Buat sandi diatas tadi. Ingat, harus sama persis.

Tanggal lahir : ketikkan tahun lahir Anda pada kolom Tahun, pilih Bulan dan masukkan tanngal lahir pada kolom Tanggal. Isian ini juga tidak boleh dikosongkan.

Gender : pilih jenis kelamin Anda, ada empat pilihan yang dapat dipilih yaitu Wanita, Pria, Lainnya, dan Tidak ingin memberi tahu.

Ponsel : masukkan nomor handphone Anda, pastikan untuk mengisinya seperti yang kami katakan diatas. Nomor HP ini nanti yang Anda gunakan untuk memulihkan alamat email jika terjadi masalah seperti akun gmail kena hack.

Selain itu, nomor ponsel ini juga biasanya digunakan untuk melakukan verifikasi akun gmail via SMS atau telepon.

Alamat email Anda saat ini : masukkan alamat email Anda yang lain, misalnya sukimanbahri@yahoo.com. Sebaiknya, jangan kosongkan kolom isian ini karena dapat Anda gunakan untuk recovery akun gmail jika terjadi masalah.

Lokasi : pilih negara Indonesia.

3. Setelah menekan tombol Langkah selanjutnya, akan muncul jendela baru yang berisi penjelasan Privasi dan Persyaratan dari Google kemudian tekan tombol SAYA SETUJUI

4. Selanjutnya, akan muncul halaman baru yang bertuliskan “Selamat datang” kemudian tekan tombol Lanjutkan. Ini berarti Anda sudah berhasil bikin akun GMail baru.

Mungkin ada beberapa orang yang mengalami masalah tidak bias bikin akun gmail. Ini umumnya dijumpai bagi mereka yang masih punya umur kurang dari 13 tahun atau masih kategori anak-anak.

Jadi, untuk buat akun gmail baru, pastikan Anda sudah punya umur sama dengan atau lebih dari 13 tahun.

Setelah membuat akun baru gmail, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah verifikasi 2 langkah alamat email. Dengan begitu, orang tidak akan bisa hack akun gmail yang Anda punya.